Ternyata Tanaman Putri Malu yang sering dianggap tanaman tidak berguna dapat Sembuhkan Asam Urat! Begini Caranya

Loading...

Sering dianggap tanaman liar nyatanya tanaman putri malu punya khasiat luar biasa khususnya untuk mengobati penyakit asam urat.

Penyakit asam urat ini merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah.


Mengobati Asam Urat dengan Bahan Alami 

 
tanaman putri malu juga sangat terbukti bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Untuk Anda yang sekarang ini tengah mengidap penyakit asam urat. Karena tanaman putri malu ini memiliki kandungan senyawa tannin, mimosin, serta asam pipekolinat.

Maulida Hayani dan Wahyu Widyaningsih, mahasiswa Fakultas Kesehatan dan Fakultas Farmasi, Universitas Ahmad Dahlan, melakukan penelitian terhadap daun putri malu.

Hasilnya pun menakjubkan, putri malu dapat dijadikan obat alternatif untuk membantu mengobati asam urat. Dalam penelitiannya, kedua mahasiswa tersebut menguji ekstrak daun putri malu terhadap penurunan kadar asam urat mencit jantan galur swiss yang di induksi jus hati ayam. Keduanya lalu lalu membagi 25 mencit jantan berbobot 20–30 gram usia 2–3 bulan menjadi lima kelompok. anggota setiap grup 5 ekor.

“Pada kelompok pertama saya berikan pakan standar dan akuades sebagai kontrol normal, kelompok kedua saya berikan pakan standar dan jus hati ayam dosis 0,5 ml per 20 gram bobot tubuh 3 kali sehari selama 7 hari. Selanjutnya, hari ke 8 saya berikan larutan Corbyx Methil Cellouse 0,5% supaya mengalami hiperurisemia,” ungkap Maulida.

Selanjutnya dikelompok ketiga, mencit diberikan jus hati ayam dengan dosis sama namun, di hari ke 8 diberikan allupurinol berdosis 10 mg per 20 ram bobot tubuh sebagai kontrol obat. Pada kelompok keempat dan kelima, Maulida memberikan pakan standar, jus hati ayam berdosis dan frekuensi yang sama dengan kelompok sebelumnya. Namun, di hari ke 8 diberikan ekstrak putri malu berdosis masing-masing 0,25 gram dan 0,5 gram per kg bobot tubuh.

Terbukti, kandungan mencit di kelompok empat menjadikan kadar kolesterol turun sebanyak 0,860 mg pada hari pertama dan 1.105 mg pada hari ketiga. Sedangkan untuk mencit pada kelompok lima yang mengonsumsi 0,5 ekstrak putri malu, kolesterolnya turun sebanyak 0,658 mg pada hari pertama dan 1,4 mg pada hari ketiga. “Penyebab turunnya kadar asam urat mencit ini dapat terjadi karena kandungan flavonoid pada putri malu yang sangat ampuh. Beberapa senyawa flavonoid dan alkaloida menghambat kerja xantin oksidase sehingga pembentukan asam urat dalam tubuh pun akan terhambat,” jelas Maulida.

Baca juga penelitian lainnya seputar manfaat putri malu untuk menurunkan asam urat disini

Bagaimana memanfaatkan daun putri malu untuk mengobati asam urat?

Dibawah ini ada cara membuatnya :
  • Pertama siapkan dulu 10-15 tangkai daun putri malu
  • Kemudian pisahkan tangkai dengan daunnya
  • Kemudian cuci daun putri tersebut sampai benar-benar bersih
  • Kmeudian rebus daun putri malu tersebut yang sudah di cuci tadi
  • Tunggu sampai air rebusan mendidih
  • Lalu, setelah itu rebusan yang sudah mendidih saring dan biaran sampai dingin


Loading...
Loading...