Diet Enak Bahagia Menyenangkan Makan Lemak bisa Bikin Kurus dan Bahagia! Mau coba? Mudah banget Caranya

Loading...

Ada banyak jenis diet untuk menurunkan berat badan. Salah satu diet yang tengah populer saat ini adalah diet DEBM. Diet ini mengklaim dapat menurunkan berat badan hingga sebanyak 2 kilogiram (kg) dalam seminggu saja. Tak cuma itu. Bahkan, orang yang menjalani diet ini masih tetap bisa makan enak setiap saat tanpa harus olahraga apalagi minum obat.

Sebelum membahas seputar bagaimana cara Diet ini, kamu harus tau dulu sejarahnya, Diet DEBM adalah kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Robert, sapaan akrabnya, bukanlah seorang dokter, ahli gizi, ataupun tenaga medis lainnya. Namun, tips diet yang ia cetuskan ini berhasil membuat berat badan banyak orang turun drastis.


Robert sendiri mengaku berhasil menurunkan puluhan kilogram berat badannya setelah mengikuti diet DEBM. Beberapa tahun lalu, berat badan Robert pernah melonjak dari 78 kilogram menjadi 107 kilogram. Namun setelah mengikuti metode diet ini, beratnya turun kembali menjadi 75 kilogram.

Konsep dasar diet ini adalah mengonsumsi lemak dan protein tinggi, serta menghindari makanan berkarbohidrat. Kamu pasti terbiasa mengonsumsi nasi putih atau mi yang mengandung karbohidrat tinggi.

DEBM menganjurkan kamu untuk menghilangkan kebiasaan mengonsumsi karbo dan menggantinya dengan lemak. Hal itu dilakukan agar tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar energi.

Jika dilihat dari aturannya, diet ini sekilas mirip dengan diet keto. Beberapa metode mungkin ada yang mirip, namun banyak juga metode yang tidak mirip dengan diet keto.

Dalam diet keto, ada panduan atau standar terkait asupan lemak yang dianjurkan. Misalnya, diet keto mengharuskan pelakunya untuk mengonsumsi lemak sebanyak 75 persen, 20 persen protein, dan 5 persen karbohidrat. Sementara diet DEBM tidak mewajibkan pelakunya untuk mengonsumsi banyak lemak. Yang terpenting adalah asupan protein hewaninya.

DEBM justru menganjurkan untuk mengonsumsi tinggi lemak dan protein lho! Misalnya saja mengonsumsi telur, ikan, ayam, keju, atau alpukat di pagi hari

Intinya diet ini menekankan prinsip lebih mengurangi asupan karbohidrat ketimbang protein dan lemaknya.

Makanan dan Pantangan Diet DEBM

Pantangan terbesar diet ini adalah gula, entah itu gula murni maupun gula dalam bentuk lain seperti madu, kecap, atau yang terkandung dalam buah dan sayur. Secara umum, berikut beberapa pantangan makanan untuk diet DEBM:
  • Nasi, pasta, sereal, mi, roti, dan makanan bertepung lainnya
  • Pemanis seperti gula, madu, dan sirup maple
  • Minuman bergula atau minuman manis misalnya soda, teh manis, susu cokelat, atau jus
  • Sayuran yang mengandung pati tinggi seperti kentang, ubi, labu, dan bit
  • Buah tinggi karbohidrat seperti pisang, pepaya, melon, dan semangka
Sementara berikut ini beberapa jenis makanan yang dianjurkan ketika menjalani diet DEBM:
  • Telur
  • Semua jenis ikan, khususnya ikan berlemak tinggi seperti salmon dan tuna
  • Daging sapi dan unggas
  • Susu dan produk turunannya seperti yogurt, keju, krim, dan mentega
  • Sayuran yang tidak mengandung pati tinggi seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.
  • Buah-buahan tinggi lemak seperti alpukat
Selain nasi dan mi, ada beberapa jenis makanan lain yang perlu dihindari dan bahkan tidak boleh dikonsumsi. Di antaranya kentang, gula, tepung, ubi, singkong, beras merah, beras hitam, dan beras ketan. Selain itu, asupan buah-buahan juga harus diperhatikan. Buah mangga, pepaya, pisang, semangka dan melon adalah contoh yang masuk dalam daftar pantangan.

Makanan karbo pengganti nasi yang boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak yakni sayuran. Misalnya Buncis, wortel, rebung, sayuran daun, dan lobak. Sedangkan, untuk buah yang baik dikonsumsi dalam jumlah banyak adalah alpukat. Apel, pir, stroberi, dan jambu air juga boleh dikonsumsi, kok.

Jika dilakukan terus-terusan, tanpa diimbangi dengan pola hidup sehat, diet ini bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

Maka sebaiknya Anda lebih mengutamakan pola makan sehat seimbang dan tetap diiringi oleh rutinitas olahraga yang memadai. Jika ingin mencoba memulai diet DEBM, dianjurkan untuk konsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi terpercaya.

Testimoni yang Sudah membuktikan Khasiat DEBM


Masih banyak testi lainnya disini

Loading...
Loading...